Jumat, 02 Maret 2012

Mengatasi Video "bergaris-garis" (interlaced)

Anda pernah nonton film yg gambarnya bergaris-garis seperti ini?, garis-nya tidak selalu terlihat, selalu bergaris horizontal, dan biasanya terjadi saat ada pergerakan objek yg cepat.

Itu namanya interlace,saya akan tunjukkan cara "menetralkan" video yg bergaris-garis tadi.


# Media Player Classic (k-lite codec pack)

untuk MPC, kita perlu bantuan "ffdshow video decoder", jadi pastikan dulu kalau video yg bergaris-garis tadi didecode dengan ffdshow video decoder, tandanya adalah ada icon-nya berwarna merah di tray icon (daerah sudut kanan bawah) ketika video-nya diputar dengan MPC.

setelah dipastikan video didecode dengan ffdshow video decoder, putar video-nya dengan MPC, double klik icon ffdshow video decoder untuk membuka menu option-nya, pilih "Deinterlacing" lalu beri centang 'Deinterlacing' dan 'process frames flagged as progresive', lalu pilih salah satu pilihan di "method" dropdown. setiap pilihan mempunyai metode-nya masing-masing, jadi sesuaikan dengan videonya apakah garis-garisnya sudah hilang atau belum (lihat video-nya, karena perubahan langsung terjadi). metode favorit ane adalah "linear blending". kalau sudah klik OK.

# KMPlayer

Putar video-nya, tekan F2 untuk membuka menu option, pilih 'video processing'---'deinterlacing'. pilih salah satu pilihan kecuali 'Do Not Use'.

pastikan :
* klik 'video processing', pilihan 'condition' tidak pada "disable (not recomended)"
* pilihan pada 'Filter Control'---'Decoder Usage' adalah "Always Use"
* pilihan tanda "Enable" pada 'general'---'Playback', {Work Priority} 'Super Speed Mode'tidak dicentang.

# VLC media player

buka VLC, pilih 'tool-preferences', pilih "video". pada pilihan 'Deinterlacing' pilih "On". klikSave. tutup VLC-nya. mainkan videonya dengan VLC.

Sekian. monggo dicoba


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara savenya gimana kak? Kok abis ku tutup ttp sama. Kyk gitu lagi

Powered By Blogger